Menuju Peradabad Indonesia yang Tinggi dan Mulia

Kolaborasi LAKI GIB dan KKN-PPM UGM dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga di Ponjong, Gunungkidul

August 30, 2022


Lembaga Advokasi Keluarga Indonesia (LAKI)-Gerakan Indonesia Beradab (GIB) berkolaborasi dengan KKN-PPM UGM 2022 telah menyelenggarakan Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan Focus Group Discussion (FGD). Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 pukul 11.00-13.00 WIB di Balai Padukuhan Karangijo Wetan, Kalurahan Ponjong, Kapanewon Ponjong, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Total terdapat 18 kader kesehatan Dusun Karangijo Wetan yang menjadi peserta dalam kegiatan ini. Kegiatan yang mendapat dukungan dari Dompet Dhuafa ini diselenggarakan dengan tujuan merealisasikan dan meresmikan kader keluarga di Desa Ponjong serta membantu masyarakat untuk memahami ketahanan keluarga.

Diawali dengan pembukaan oleh MC, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Kader Kesehatan, yaitu Ibu Suprih. Sesi selanjutnya adalah sosialisasi ketahanan keluarga dengan narasumber yang profesional di bidangnya, yaitu Zahra Frida Intani, S. Psi., M. Psi. Psikolog. Adapun sesi kedua, yaitu community development, dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) dengan Rennta Chrisdiana, M.Sc. selaku fasilitator. FGD ini dilaksanakan guna melihat pandangan warga di daerah Ponjong terhadap keluarga dan pernikahan dalam kehidupan.

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, asesmen melalui pengisian kuesioner terhadap warga di daerah Ponjong telah dilaksanakan untuk mengetahui konsep mengenai keluarga. Hasilnya, dapat diketahui bahwa pemahaman warga setempat mengenai konsep keluarga masih kurang baik. Lebih lanjut, masyarakat setempat belum memahami tujuan pembentukan keluarga.

Berlangsung dengan lancar, interaktif, dan mendapat feedback positif dari peserta, kegiatan ini diakhiri dengan peresmian kader keluarga oleh Lembaga Advokasi Keluarga Indonesia (LAKI). Total terdapat delapan belas anggota kader keluarga yang diresmikan dalam acara ini. Bekerja sama dengan kader kesehatan setempat dan Puskesmas Ponjong I,  peresmian kader keluarga tersebut dilakukan karena belum berjalannya kader keluarga di daerah ini. Harapannya, kader keluarga dapat berperan dan memberi manfaat bagi ketahanan keluarga masyarakat di sekitar Ponjong.

Penulis: Novidya Sekar / LAKI

Editor: Nur Rohmah I/LAKI